Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan di Kelas V SDN 097319 Siopat Suhu

Authors

  • Samaria Enjelina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8173

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 097319 Siopat Suhu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design. Hasil analisis uji instrument diperoleh bahwa instrumen valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitngan analisis data diperoleh bahwa sampel berditribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 097319 Siopat Suhu. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni  sebesar 13,722 lebih besar dari pada  yakni 2,064. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa serta para peneliti selanjutnya.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Sinaga, . . S. E. ., Napitupulu, . R. P., & Sidabutar, . Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan di Kelas V SDN 097319 Siopat Suhu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 396–403. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8173