Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Penerimaan Diri dengan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Pusat

Authors

  • Dini Hanifa Al Haq Universitas Islam As-Syafi’iyah
  • Ari Sumitro
  • Sofyan Abdi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8171

Abstract

Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan penerimaan diri dengan motivasi menghafal Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Pusat. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan korelasional dengan menggunakan angket atau kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam Terpadu At-Taqwa yang berjumlah 180 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 124 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi menghafal Al-Qur’an yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,549 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. (2) Adanya hubungan positif dan signifikan antara penerimaan diri dengan motivasi menghafal Al-Qur’an yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,521 dan taraf signifikasi sebesar 0,000. (3) Dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan penerimaan diri dengan motivasi menghafal Al-Qur’an yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi masing-masing sebesar 0,549 dan 0,521 dan taraf signifikasi keduanya sebesar 0,000 dengan menggunakan perhitungan analisis korelasi product moment.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Dini Hanifa Al Haq, Ari Sumitro, & Sofyan Abdi. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Penerimaan Diri dengan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Pusat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 436–443. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8171