Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Penerimaan Diri dengan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Pusat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8171Abstract
Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan penerimaan diri dengan motivasi menghafal Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Pusat. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan korelasional dengan menggunakan angket atau kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam Terpadu At-Taqwa yang berjumlah 180 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 124 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi menghafal Al-Qur’an yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,549 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. (2) Adanya hubungan positif dan signifikan antara penerimaan diri dengan motivasi menghafal Al-Qur’an yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,521 dan taraf signifikasi sebesar 0,000. (3) Dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan penerimaan diri dengan motivasi menghafal Al-Qur’an yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi masing-masing sebesar 0,549 dan 0,521 dan taraf signifikasi keduanya sebesar 0,000 dengan menggunakan perhitungan analisis korelasi product moment.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Dini Hanifa Al Haq, Ari Sumitro, & Sofyan Abdi. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Penerimaan Diri dengan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Pusat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 436–443. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8171
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dini Hanifa Al Haq, Ari Sumitro, Sofyan Abdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









