Integrasi Kegiatan Menggunakan Media Massa untuk Pembelajaran Mata Kuliah ESP for Mass Media di Perguruan Tinggi

Authors

  • Bambang Trisno Adi Universitas Darma Persada
  • Juliansyah Juliansyah Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8146

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskripsi sekaligus eksperimen yang dihasilkan dari pengalaman sesungguhnya. Penelitian ini juga dapat dikatakan sebagai penelitian pustaka karena sebagian besar data bersumber dari dokumen atau pustaka. Permasalahan penelitian difokuskan tentang mata kuliah ESP for Mass Media secara umum dan bagaimana kurikulum mata kuliah ESP for Mass Media diterapkan dalam setiap pertemuan secara khusus. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan bagaimana kurikulum ESP for Mass Media dan bagaimana kurikulum tersebut diterapkan dalam kegiatan belajar di setiap pertemuan. Penerapan kurikulum dituangkan dalam kegiatan yang bersifat integrasi antara semua topik pembahasan terkait dengan Mass Media dan keterampilan berbahasa, yaitu: berbicara, menulis, membaca, dan mendengar. Sumber data adalah dokumen resmi terkait dengan kurikulum dan mata kuliah ESP for Mass Media. Selain menggunakan dokumen yang sudah ada, data penelitian ini juga bersumber dari rekaman langsung pelaksanaan pembelajaran mata kuliah ESP for Mass Media selama 1 semester. Hasil penelitian adalah RPS mata kuliah untuk 1 semester, 14 modul pembelajaran, dan seperangkat tes untuk tengah dan akhir semester. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk kegiatan pembelajaran di semester-semester yang akan datang. Kata Kunci: kurikulum, mass media, integrasi, pembelajaran, materi belajar.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Bambang Trisno Adi, & Juliansyah, J. (2022). Integrasi Kegiatan Menggunakan Media Massa untuk Pembelajaran Mata Kuliah ESP for Mass Media di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1797–1807. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8146

Most read articles by the same author(s)