Korelasi Dukungan Sosial Orangtua dan Berpikir Positif dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional

Authors

  • Waldimer Pasaribu Universitas Bangka Belitung
  • Tri Arie Bowo Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa. Hipotesis penelitian ini adalah: 1).Ada hubungan negatif antara dukungan sosial orangtua dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. 2). Ada hubungan negatif antara berpikir positif dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. 3).Ada hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. Metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan skala dukungan sosial orangtua, skala berpikir positif dan skala kecemasan menghadapi ujian nasional. Sampel penelitian ini sebanyak 55 siswa dengan tehnik probability sampling, secara khusus dengan cara klaster (cluster random sampling). Teknik analisa data menggunakan analisis product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif  antara  dukungan sosial orangtua dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,534 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan negatif  antara  berpikir positif dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,579 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif secara bersama-sama dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa dengan R square 0,384 atau 38,4%, artinya bahwa 38,4% variabel kecemasan menghadapi ujian nasional dijelaskan oleh dukungan sosial orangtua dan berpikir positif, sedangkan sisanya sebesar 61,6% dijelaskan oleh variabel lain.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Pasaribu, W. ., & Bowo, T. A. . (2022). Korelasi Dukungan Sosial Orangtua dan Berpikir Positif dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 162–172. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8130