Korelasi Dukungan Sosial Orangtua dan Berpikir Positif dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8130Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa. Hipotesis penelitian ini adalah: 1).Ada hubungan negatif antara dukungan sosial orangtua dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. 2). Ada hubungan negatif antara berpikir positif dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. 3).Ada hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. Metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan skala dukungan sosial orangtua, skala berpikir positif dan skala kecemasan menghadapi ujian nasional. Sampel penelitian ini sebanyak 55 siswa dengan tehnik probability sampling, secara khusus dengan cara klaster (cluster random sampling). Teknik analisa data menggunakan analisis product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara dukungan sosial orangtua dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,534 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan negatif antara berpikir positif dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,579 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif secara bersama-sama dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa dengan R square 0,384 atau 38,4%, artinya bahwa 38,4% variabel kecemasan menghadapi ujian nasional dijelaskan oleh dukungan sosial orangtua dan berpikir positif, sedangkan sisanya sebesar 61,6% dijelaskan oleh variabel lain.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Pasaribu, W. ., & Bowo, T. A. . (2022). Korelasi Dukungan Sosial Orangtua dan Berpikir Positif dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 162–172. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8130
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Waldimer Pasaribu, Tri Arie Bowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).