Problematika Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PAK Masa Pandemi di SDN 256 Inpres Sangpolo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8078Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika penerapan pendekatan saintifik versi kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAK pada masa pandemi di SDN 256 Inpres Sangpolo. Masa pandemi adalah masa di mana aktivitas pembelajaran berlangsung dari jarak jauh tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa. Kesulitan pembelajaran di masa pandemi sangat terasa dan berdampak pada implementasi kurikulum yang sedang berlaku. Kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional yang mengusung pendekatan pembelajaran saintifik menjadi sulit diterapkan. Akses dan infrastruktur pembelajaran sangat terbatas dan tidak mendukung pendekatan saintifik diterapkan dengan maksimal. Dari hasil kajian yang telah dilakukan ditemukan bahwa problematika penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAK di masa pandemi cukup beragam, mulai dari faktor model pembelajaran, infrastruktur pembelajaran, kemampuan guru mengolah pembelajaran, kesiapan siswa dalam belajar sampai pada strategi pembelajaran yang diterapkan. Problematika tersebut sangat sulit diatasi sehingga selama pembelajaran daring berlangsung, pendekatan saintifik tidak lagi menjadi acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Tanduklangi, R. (2022). Problematika Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PAK Masa Pandemi di SDN 256 Inpres Sangpolo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 404–409. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8078
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rinaldus Tanduklangi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).