Problematika Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PAK Masa Pandemi di SDN 256 Inpres Sangpolo

Authors

  • Rinaldus Tanduklangi Institut Agama Kristen Negeri Toraja

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8078

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika penerapan pendekatan saintifik versi kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAK pada masa pandemi di SDN 256 Inpres Sangpolo. Masa pandemi adalah masa di mana aktivitas pembelajaran berlangsung dari jarak jauh tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa. Kesulitan pembelajaran di masa pandemi sangat terasa dan berdampak pada implementasi kurikulum yang sedang berlaku. Kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional yang mengusung pendekatan pembelajaran saintifik menjadi sulit diterapkan. Akses dan infrastruktur pembelajaran sangat terbatas dan tidak mendukung pendekatan saintifik diterapkan dengan maksimal. Dari hasil kajian yang telah dilakukan ditemukan bahwa problematika penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAK di masa pandemi cukup beragam, mulai dari faktor model pembelajaran, infrastruktur pembelajaran, kemampuan guru mengolah pembelajaran, kesiapan siswa dalam belajar sampai pada strategi pembelajaran yang diterapkan. Problematika tersebut sangat sulit diatasi sehingga selama pembelajaran daring berlangsung, pendekatan saintifik tidak lagi menjadi acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. 

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Tanduklangi, R. (2022). Problematika Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PAK Masa Pandemi di SDN 256 Inpres Sangpolo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 404–409. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8078