Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Subtema I Organ Gerak Hewan SD Negeri 097329 Sinta Dame 1

Authors

  • Reskaria Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Suprapto Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Pembelajaran Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V  SD Negeri 097329 Sinta Dame 1 Pematangsianta T.A 2022/2023. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitaian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design yang menggunakan desain “ one group pretest posttest design”.  Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 097329 Sinta Dame 1 yang berjumlah 30 siswa, dimana laki-laki berjumlah 10 orang dan perempuan berjumlah  20. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pre-test (48,5) dan post-test (82,67). Hasil penelitian pada taraf 0,05 Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana  ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V SD 097329 Sinta Dame 1 Tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2022-10-29

How to Cite

Sihombing, R. ., Manurung, S. ., & Napitupulu, R. P. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Subtema I Organ Gerak Hewan SD Negeri 097329 Sinta Dame 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8410–8420. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8053

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>