Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Remaja di Sekolah Menengah Pertama Advent Parepei
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8049Abstract
Pada masa remaja ini, keadaan emosi remaja masih labil, ketika mereka bahagia mereka lupa diri kerena tidak mampu menahan emosi yang meletup-letup, bahkan remaja mudah terjerumus kedalam tindakan yang tidak bermoral seperti tawuran, mengejek-ejek temannya dan sebagainya. Pentingnya kemampuan mengontrol emosi bagi remaja adalah, mampu menghadapi frustasi, semangat optimisme, dan mampu menjalani hubungan dengan orang lain atau empati. pentingnya peran orang tua dalam perkembangan emosi anak. Pada tahap jangka panjang anak mewarisi emosi dari kedua orang tuanya. Orang tua memiliki lebih banyak kekuatan untuk menentukan jalanya interaksi dengan diri anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah subjek pada penelitian ini sejumlah 64 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala kecerdasan emosi dengan nilai reliabilitas 0,818 dan skala pola asuh orang tua dengan nilai reliabilitas 0,899. Dan hasil dari penelitian menunjukkan 0,331 atau 33,1 % pengaruh antara Pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil juga didapatkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional antara pola asuh permisif dan otoritatif.Downloads
Published
2022-10-29
How to Cite
Tiwa, T. M. . (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Remaja di Sekolah Menengah Pertama Advent Parepei. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8367–8372. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8049
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tellma Monna Tiwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).