Implementasi Ui/Ux Pada Pembayaran Pelanggan Internet Rumah Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus PT Atlas Lintas Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8046Abstract
Perkembangan teknologi di zaman sekarang sudah sangatlah pesat, apalagi pada perkembangan online yang menggunakan fasilitas internet dan terhubung banyak orang di dunia. Salah satu bentuk nyata pada perkembangan online ini adalah pada bidang pembayaran Online. Pada umumnya orang-orang yang ingin membayar sesuatu harus mengunjungi loket kasir, tentunya hal ini sangat tidak efisien dan efektif. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini orang-orang tidak perlu lagi mengantri panjang dan menghabiskan waktu lama di loket kasir. Dengan memanfaatkan fasilitas menu konfirmasi pembayaran Online ini, pengguna dapat lebih efektif dan efisien dalam bertransaksi. Hal ini didasari oleh pesatnya perkembangan teknologi dan minat orang-orang kepada aplikasi aplikasi pembayaran online. Sebelum membangun aplikasi berbasis website, perlunya merancang tampilan antarmuka (user interface) dan pengalaman pengguna (user experience) terlebih dahulu pada aplikasi tersebut. User Interface adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan aplikasi, user interface bertugas menghubungkan antara aplikasi dengan pengguna agar interaksi dapat dilakukan dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain tampilan atau user interface dan user experience pada aplikasi pembayaran internet rumah secara online untuk para pengguna internet yang sudah berlangganan. Untuk menciptakan rancangan desain tampilan yang sesuai kebutuhan pengguna, pada penelitian ini menggunakan metode user centered design dengan pengujian cognitive walkthrough. Hasil dari penelitian perancangan user interface dan user experience pada aplikasi pembayaran internet rumah secara online ini para responden merasa puas dengan hasil perancangan tersebut baik dari sisi user customer ataupun user terapis, karena rata-rata pengujian dari semua skenario berada dibawah 30 detik dan persentase kesalahan para responden tidak melebihi batas maksimal yaitu 50%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perancangan menggunakan metode user centered design dapat memenuhi kebutuhan user atau pengguna sehingga metode tersebut mudah untuk dipahami.Downloads
Published
2022-10-28
How to Cite
Lael, . S. ., Mayasari, R. ., & Prihandani, K. . (2022). Implementasi Ui/Ux Pada Pembayaran Pelanggan Internet Rumah Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus PT Atlas Lintas Indonesia). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8342–8349. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8046
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sirojul Lael, Rini Mayasari, Kamal Prihandani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









