Pengembangan Media Busy Book Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Datar kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8035Abstract
Pembelajaran tematik menuntut peserta didik untuk belajar secara mandiri oleh karena itu dapat di kembangkan media Busy Book Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Datar Pada Kelas III Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran busy book berbasis pedekatan saintifik dan mengetahui kelayakan pembelajaran busy b ook berbasis pendekatan saintifik.Peneltian ini menggunakan model ADDIE. Metode ADDIE memiliki 5 langkah yaitu: analysis, design,develop, implementation, dan evaluation. Penelitian ini melibatkan sejumlah 26 peserta didik kelas III SD Negeri Kenteng.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu obsevasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, lembar observasi, lembar wawancara, lembar angket, lembar kepraktisan, dan tes. Analisi data yang digunakan yaitu uji kevalidaan meliputi teknik analisis kelayakan, teknik analisis kepraktisan, dan teknik analisis keefektifan. Pengembangan media Busy Book berbasis pendekatan saintifik menghasilkan produk berupa media busy book yang dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Aspek kelayakan media di validasi oleh ahli materi dan media. Hasilnya yaitu pada validasi ahli materi mendapatkan presentase 75% dengan kriteria valid dan validasi ahli media mendapatkan prsentase 97,91% dengan kriteria sangat valid. Aspek kepraktisan pada hasil respon peserta didik pada uji coba terbatas mendapatkan 86,6% dengan kriteria sangat praktis dan pada uji coba luas mendapatkan presentase 92,5% dengan kriteria sangat praktis dan dalam petemuan I keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan presentase 86,6% dengan kriteria sangat praktis dan 93,3% termasuk dengan kriteria sangat praktis. tahap selanjutnya yaitu aspek keefektifan hasil tes peserta didik yaitu pada uji coba terbatas mendapatkan presentase 83,3% kriteria sangat efektif dan pada uji coba luas yaitu presentase 95% kriteria sangat efektif.Downloads
Published
2022-10-28
How to Cite
Dita, T. A. . (2022). Pengembangan Media Busy Book Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Datar kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8328–8341. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8035
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tia Ayu Dita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).