Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Penggolongan Hewan Untuk Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7943Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dari media pembelajaran ular tangga penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penggunaan media pembelajaran sangat jarang digunakan dalam pembelajaran dikarenakan alasan biaya yang terlalu mahal. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini yaitu peserta didik kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan 4D akan tetapi penelitian ini hanya dilakukan hanya pada tahap ketiga dikarenakan terjadinya pandemi yang membatasi proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas yaitu 1) Pendefinisian (Define) yaitu analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis materi, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran, 2) Perancangan (Design) yaitu pemilihan bahan media pembelajaran, pemilihan format dan desain media pembelajaran dan 3) Pengembangan (Develop) yaitu validasi dan uji coba terbatas. Penelitian ini hanya dilakukan pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kevalidan yang dilakukan oleh para validator mencapai 81,25% dengan kategori valid.Downloads
Published
2022-10-25
How to Cite
Ningsih, A. ., Subayani, N. W. ., & Nugraha, A. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Penggolongan Hewan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7886–7893. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7943
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Agustin Ningsih, Nataria Wahuning Subayani, Arya Setya Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).