Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Siswa pada Kelas Tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi

Authors

  • Mersilina L. Patintingan Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7938

Abstract

Gadget merupakan suatu alat elektronik yang sudah banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Perilaku sosial adalah perilaku yang menyangkut kehidupan sosial sebagai bentuk interaksi dengan alam, lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa pada kelas tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengambilan data menggunakan teknik non probability sampling. Subjek penelitian adalah kelas tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi dengan jumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Angket penggunaan gadget dan perilaku sosial siswa diberikan masing-masing kepada siswa, data yang terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 21. Berdasarkan hasil uji SPSS bahwa nilai signifikan sebesar 0,022. Oleh karena, 0,022 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa pada kelas tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Patintingan, M. L. . (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Siswa pada Kelas Tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7859–7866. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7938