Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Siswa pada Kelas Tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7938Abstract
Gadget merupakan suatu alat elektronik yang sudah banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Perilaku sosial adalah perilaku yang menyangkut kehidupan sosial sebagai bentuk interaksi dengan alam, lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa pada kelas tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengambilan data menggunakan teknik non probability sampling. Subjek penelitian adalah kelas tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi dengan jumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Angket penggunaan gadget dan perilaku sosial siswa diberikan masing-masing kepada siswa, data yang terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 21. Berdasarkan hasil uji SPSS bahwa nilai signifikan sebesar 0,022. Oleh karena, 0,022 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa pada kelas tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi.Downloads
Published
2022-10-25
How to Cite
Patintingan, M. L. . (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Siswa pada Kelas Tinggi di SDN 216 Inpres Tetebassi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7859–7866. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7938
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mersilina L. Patintingan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).