Fenomena Game Higgs Domino Island Pada Kalangan Masyarakat Produktif Di Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7920Abstract
Game Higgs Domino Island mulai dirilis 12 November 2018 di apilikasi PlayStore maupun AppStore dan merupakan game online yang sangat populer di Indonesia termasuk di Kota Pekanbaru. Adanya transaksi jual beli koin game membuat arah tujuan dalam bermain menjadi berubah, awalnya game Higgs Domino Island dijadikan sebagai sarana hiburan namun saat ini justru dijadikan mata pencaharian bagi sebagian pemainnya. Karena dalam bermain memerlukan pembelian koin, kebanyakan pemainnya adalah kalangan masyarakat produktif yang telah memiliki pekerjaan dan menghasilakan nilai ekonomis. Untuk menemukan pemain maupun agen jual beli koin game dapat ditemukan dibeberapa tempat seperti di group facebook, warung harian, pos ronda maupun konter pulsa. Dalam perkembangannya, transaksi jual beli koin game Higgs Domino Island mulai terindikasi kepada perjudian, hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa penangkapan agen koin game oleh pihak berwajib dibeberapa wilayah di Indonesia seperti di Aceh Timur, Rokan Hulu dan Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif, pemaknaan dan pengalaman komunikasi kalangan masyarakat produktif dalam bermain game Higgs Domino Island di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Shutz. Subjek penelitian terdiri dari lima orang pada kalangan masyarakat produktif di Kota Pekanbaru yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, motif kalangan masyarakat produktif dalam bermain game Higgs Domino Island di Kota Pekanbaru terdiri dari motif karena yakni hobi, rasa penasaran, percaya diri dan lingkungan sosial. Sedangkan motif untuk yakni hiburan, uang dan rasa senang. Kedua, pemaknaan terhadap game dikategorikan menjadi tiga yakni game keberuntungan, game menghasilkan uang dan game merugikan. Ketiga, pengalaman komunikasi dibagi menjadi dua bentuk yakni pengalaman komunikasi interpersonal dikategorikan menjadi dua yakni pengalaman komunikasi menyenangkan berupa adanya penerimaan dari keluarga, lingkungan sosial dan antara sesama pemain. Sedangkan pengalaman komunikasi tidak menyenangkan berupa adanya cacian, tekanan dan perselisihan antara sesama pemain. Bentuk kedua yakni pengalaman komunikasi intrapersonal dikategorikan menjadi dua yakni kesadaran diri karena telah kecanduan game Higgs Domino Island dan penyesalan diri karena telah banyak dirugikan berupa uang, waktu dan kesehatan.Downloads
Published
2022-10-24
How to Cite
Sayopi, . A. R. ., Firdaus, M. ., & Salam, N. E. (2022). Fenomena Game Higgs Domino Island Pada Kalangan Masyarakat Produktif Di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7325–7335. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7920
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Abdul Rahman Sayopi, Muhammad Firdaus, Noor Efni Salam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).