Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Explainer Berbasis Lingkungan pada Materi IPA Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7861Abstract
Peneilitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran video explainer berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA materi SDA (Sumber Daya Alam) kelas IV SD Negeri 235 Palembang yang memiliki hasil valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and Development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) dan dideskripsikan secara terperinci mulai dari tahap melakukan spesifikasi produk, storyboard, pengembangan produk, validasi para ahli, serta menguji cobakan kepada siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran video explainer berbasis lingkungan yang dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat Valid” berdasarkan lembar angket validasi para ahli yang terdiri dari ahli media, ahli bahasa dan ahli materi dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 91,4% dan juga media pembelajaran video explainer berbasis lingkungan yang dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat Praktis” berdasarkan lembar angket tanggapan siswa dalam uji coba one-to-one dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 92,1% dan uji coba small group dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 90,4%. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan hasil uji coba kepraktisan oleh siswa, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video explainer berbasis lingkungan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.Downloads
Published
2022-10-23
How to Cite
Savtri, T. A. ., & Akhbar, T. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Explainer Berbasis Lingkungan pada Materi IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7166–7173. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7861
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tasya Adelia Savtri, Taheri Akhbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).