Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Explainer Berbasis Lingkungan pada Materi IPA Kelas IV SD

Authors

  • Tasya Adelia Savtri Universitas PGRI Palembang
  • Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7861

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran video explainer berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA materi SDA (Sumber Daya Alam) kelas IV SD Negeri 235 Palembang yang memiliki hasil valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and Development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) dan dideskripsikan secara terperinci mulai dari tahap melakukan spesifikasi produk, storyboard, pengembangan produk, validasi para ahli, serta menguji cobakan kepada siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran video explainer berbasis lingkungan yang dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat Valid” berdasarkan lembar angket validasi para ahli yang terdiri dari ahli media, ahli bahasa dan ahli materi dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 91,4% dan juga media pembelajaran video explainer berbasis lingkungan yang dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat Praktis” berdasarkan lembar angket tanggapan siswa dalam uji coba one-to-one dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 92,1% dan uji coba small group dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 90,4%. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan hasil uji coba kepraktisan oleh siswa, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video explainer berbasis lingkungan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Savtri, T. A. ., & Akhbar, T. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Explainer Berbasis Lingkungan pada Materi IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7166–7173. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7861