Perkembangan Pribadi Siswa Dalam Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Endah Budiyati Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7850

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan karakter siswa dipengaruhi oleh pembelajaran matematika. penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kepribadian siswa SD kelas bawah ditinjau dari pengetahuan, perasaan, dan tindakan moralnya selama dan setelah mengikuti pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif evaluatif dengan pendekatan gabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dan desain penelitian evaluatif. Studi ini menemukan bahwa siswa kelas bawah di SDS Budi Harapan Jakarta Timur telah berkembang dengan baik. Kajian penelitian ini menemukan bahwa perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesiapan guru dalam mengajar, antara lain penguasaan materi pembelajaran matematika, penyusunan RPP Matematika Berkarakter, dan kemampuan mengaitkan materi yang diajarkan dengan metode yang lebih variatif dan menarik dalam pembelajaran matematika. Perlu adanya perbaikan baik dalam upaya pengelolaan kelas yang baik maupun peningkatan penggunaan tugas dalam bentuk kelompok belajar dengan metode yang lebih variatif dan menarik oleh guru.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Budiyati, E. . (2022). Perkembangan Pribadi Siswa Dalam Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7041–7047. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7850