Perkembangan Pribadi Siswa Dalam Belajar Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7850Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan karakter siswa dipengaruhi oleh pembelajaran matematika. penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kepribadian siswa SD kelas bawah ditinjau dari pengetahuan, perasaan, dan tindakan moralnya selama dan setelah mengikuti pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif evaluatif dengan pendekatan gabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dan desain penelitian evaluatif. Studi ini menemukan bahwa siswa kelas bawah di SDS Budi Harapan Jakarta Timur telah berkembang dengan baik. Kajian penelitian ini menemukan bahwa perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesiapan guru dalam mengajar, antara lain penguasaan materi pembelajaran matematika, penyusunan RPP Matematika Berkarakter, dan kemampuan mengaitkan materi yang diajarkan dengan metode yang lebih variatif dan menarik dalam pembelajaran matematika. Perlu adanya perbaikan baik dalam upaya pengelolaan kelas yang baik maupun peningkatan penggunaan tugas dalam bentuk kelompok belajar dengan metode yang lebih variatif dan menarik oleh guru.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Budiyati, E. . (2022). Perkembangan Pribadi Siswa Dalam Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7041–7047. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7850
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Endah Budiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).