Kondisi Psikologis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Masa Pandemi Covid-19 Mempengaruhi Pembelajaran Matematika

Authors

  • Erni Rihyanti Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7834

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa banyak sekolah dan universitas beralih ke pembelajaran online. Ini telah menjadi penyesuaian besar bagi siswa dan guru. Beberapa siswa telah berkembang dalam lingkungan baru ini, sementara yang lain telah berjuang. Pembelajaran online ini juga berdampak pada psikologi mahasiswa karena psikologi mahasiswa sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dengan menyediakan lingkungan belajar yang lebih merangsang dan interaktif, pembelajaran online dapat membantu siswa tetap terlibat dan termotivasi. Peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang psikologi siswa SMK yang sedang belajar matematika secara online. Ini termasuk mengeksplorasi emosi, keyakinan, skema diri, minat, dan motivasi mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan sampel sebanyak 40 siswa SMK yang diambil secara acak dari beberapa sekolah di Kota Depok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pemberian angket psikologis dan wawancara, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Rata-rata skor psikologi mahasiswa adalah 74%. Artinya, secara keseluruhan, nilai psikologi mahasiswa berada pada rentang sedang. Meskipun ada banyak faktor yang mempengaruhi psikologi siswa, emosi tampaknya memiliki dampak paling signifikan, diikuti oleh keyakinan dan skema diri, minat, dan motivasi. Analisis psikologis ini dapat memberi guru sebuah desain untuk diikuti ketika mengajar.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Rihyanti, E. . (2022). Kondisi Psikologis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Masa Pandemi Covid-19 Mempengaruhi Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7007–7013. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7834