Kondisi Psikologis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Masa Pandemi Covid-19 Mempengaruhi Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7834Abstract
Pandemi Covid-19 memaksa banyak sekolah dan universitas beralih ke pembelajaran online. Ini telah menjadi penyesuaian besar bagi siswa dan guru. Beberapa siswa telah berkembang dalam lingkungan baru ini, sementara yang lain telah berjuang. Pembelajaran online ini juga berdampak pada psikologi mahasiswa karena psikologi mahasiswa sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dengan menyediakan lingkungan belajar yang lebih merangsang dan interaktif, pembelajaran online dapat membantu siswa tetap terlibat dan termotivasi. Peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang psikologi siswa SMK yang sedang belajar matematika secara online. Ini termasuk mengeksplorasi emosi, keyakinan, skema diri, minat, dan motivasi mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan sampel sebanyak 40 siswa SMK yang diambil secara acak dari beberapa sekolah di Kota Depok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pemberian angket psikologis dan wawancara, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Rata-rata skor psikologi mahasiswa adalah 74%. Artinya, secara keseluruhan, nilai psikologi mahasiswa berada pada rentang sedang. Meskipun ada banyak faktor yang mempengaruhi psikologi siswa, emosi tampaknya memiliki dampak paling signifikan, diikuti oleh keyakinan dan skema diri, minat, dan motivasi. Analisis psikologis ini dapat memberi guru sebuah desain untuk diikuti ketika mengajar.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Rihyanti, E. . (2022). Kondisi Psikologis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Masa Pandemi Covid-19 Mempengaruhi Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7007–7013. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7834
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Erni Rihyanti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).