Pengaruh Media Gambar Terhadap Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII di SMP Negeri 22 Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7821Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keterkaitan antara pengaruh media gambar terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh media gambar) dan variabel Y (Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII Di SMP Negeri 22 Medan). Untuk Mengetahui sejauhmana Pengaruh media gambar terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama kristen kelas VIII Di SMP Negeri 22 Medan, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,983 dengan uji determinasi sebesar 27% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (?) =0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika thitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk= n-2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh thitung>ttabel ( 4,39 > 1,68 ), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh media gambar terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama kristen kelas VIII di SMP Negeri 22 Medan.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Sitorus, L. ., Siregar, N. ., & Aruan, B. . (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII di SMP Negeri 22 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6888–6897. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7821
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lasmayani Sitorus, Nurliani Siregar, Bangun Aruan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).