Profil Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IX MTs Al-Ikhlas Sungai Guntung Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir

Authors

  • Resiana Resiana Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Fifi Yasmi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Joni Adison Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7762

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Kesulitan belajar di lihat dari faktor internal, 2) Kesulitan belajar di lihat dari faktor eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX MTs Al-Ikhlas Sungai Guntung yang berjumlah 121 peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang peserta didik, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis digunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kesulitan belajar di lihat dari faktor internal (diri sendiri) termasuk dalam kategori tinggi, 2) Kesulitan belajar di lihat dari faktor eksternal termasuk dalam kategorii tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di rekomendasikan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan motivasi dan minat belajar dengan lebih baik kedepannya.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Resiana, R., Yasmi, F. ., & Adison, J. . (2022). Profil Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IX MTs Al-Ikhlas Sungai Guntung Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6641–6646. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7762