Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7755Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Desain penelitian ini menggunakan posstest only control grup desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 pematangsiantar T.A 2022/2023, dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII-7 SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023 berjumlah 30 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran butir tes dan daya pembeda butir tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil model pembelajaran Numbered Heads Together 49,33 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis 47,33. Hasil uji hipotesis setelah diperoleh t_hitung = 5,5110 dan t_tabel = 2,0480 dan besar kontribusi Numbered Heads Together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 0,5203 (52,063%). Berdasarkan uraian tersebut dismpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran himpunan di kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Tambunan, R. A. P. ., Simbolon, H. ., & Tambunan, L. O. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6576–6585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7755
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rebecca Anugrah Paskah Tambunan, Hotman Simbolon, Lois Oinike Tambunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).