Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023

Authors

  • Rebecca Anugrah Paskah Tambunan Universitas HKBP Nommensen
  • Hotman Simbolon Universitas HKBP Nommensen
  • Lois Oinike Tambunan Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7755

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Desain penelitian ini menggunakan posstest only control grup desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 pematangsiantar T.A 2022/2023, dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII-7 SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023 berjumlah 30 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran butir tes dan daya pembeda butir tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil model pembelajaran Numbered Heads Together 49,33 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis 47,33. Hasil uji hipotesis setelah diperoleh t_hitung = 5,5110 dan t_tabel = 2,0480 dan besar kontribusi Numbered Heads Together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 0,5203 (52,063%). Berdasarkan uraian tersebut dismpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran himpunan di kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Tambunan, R. A. P. ., Simbolon, H. ., & Tambunan, L. O. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6576–6585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7755

Most read articles by the same author(s)