Peningkatan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Matematika Awal Dengan Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal (Ra) Tazkia

Authors

  • MasgantiSit MasgantiSit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Basri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ajeng Miftha Dwinamira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7750

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran berfikir kritis dan matematika awal untuk anak usia dini menggunakan pembelajaran berbasis STEAM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan penelitian secara langsung di dalam kelas Di RA Tazkia Medan Timur. Dimana di dalam kelas terdapat 15 peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan berfikir kritis dan kemampuan matematika awal pada anak usia dini.Berdasarkan penelitian di kelas RA Tazkia Medan Timur, menunjukan adanya peningkatan model pembelajaran STEAM untuk kemampuan berfikir kritis dan Matematika awal pada anak usia dini. Pada masa prasiklus pada keseluruhan mendapatkan skor rata-rata 20,6 lanjutan pada siklus I anak keseluruhan pengalami peningkatan dengan skor rata-rata 3,36 dan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat pesat dengan mendapat nilai keseluruhan 4,03. Dari hal tersebut STEAM dapat meningkatkan berpikir kritis dan matematika awal untuk AUD.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

MasgantiSit, M., Basri, M. ., & Dwinamira, A. M. . (2022). Peningkatan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Matematika Awal Dengan Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal (Ra) Tazkia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6549–6558. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7750