Pendampingan Pemanfaatan Papan Tulis Virtual (Google Jamboard) sebagai Media Pembelajaran Guna Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini

Authors

  • Nyimas Muazzomi Universitas Jambi
  • Akhmad Fikri Rosyadi Universitas Jambi
  • Rizki Surya Amanda Universitas Jambi
  • Uswatul Hasni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7743

Abstract

Era revolusi industri 4.0 menuntut Guru PAUD harus melek teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif,  kreatif yang sesuai perkembangan zaman sehingga menghasilkan peserta didik yang unggul. Masih banyak guru-guru yang masih minim keterampilan dalam penggunaan media berbasis ICT sebagai sumber belajar karena kurangnya pelatihan yang diberikan. Untuk itu perlu dilakukan pendampingan dengan tujuan memberikan pelatihan kepada guru-guru terkait penggunaan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) yaitu papan tulis virtual atau yang dikenal dengan google jamboard. Media Papan tulis virtual (google jamboard) dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik bagi anak. Melalui pendampingan berupa pelatihan langsung ini mampu membantu guru khususnya di jenjang PAUD untuk menerapkan penggunaan media ini dalam proses pembelajaran pada anak usia dini. Penerapan media ini dalam pembelajaran akan sangat mendukung stimulasi perkembangan anak usia dini baik dari aspek kognitif, bahasa, seni, motorik halus, sosial emosional dan aspek nilai agama dan moral.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Muazzomi, N. ., Rosyadi, A. F. ., Amanda, R. S. ., & Hasni, U. . (2022). Pendampingan Pemanfaatan Papan Tulis Virtual (Google Jamboard) sebagai Media Pembelajaran Guna Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6482–6486. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7743