Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas VII SMPN Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7696Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi canva pada materi Pencemaran Lingkungan yang valid. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE memiliki tiga tahapan yaitu Analisis (Analyzis), Perancangan (Design). dan Pengembangan (Development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa lembar validasi dan angket respon peserta didik yang sudah divalidasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dengan melakukan validasi media pembelajaran kepada ahli materi, ahli media, dan guru, serta melihat respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan dengan melakukan uji coba kevalidan terbatas. Analisis data secara deskripsi kuantitatif. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan persentase rata-rata 96%. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan persentase rata-rata 100%. Hasil validasi oleh tiga orang guru ipa yang mengajar mata pencemaran lingkungan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 95,55%. Media pembelajaran yang dikembangkan ini mendapat tanggapan yang baik sekali oleh peserta didik pada tiga sekolah dengan rata-rata persentase sebesar 94,40%. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli, guru ipa, dan respon peserta didik diperoleh produk media pembelajaran menggunakan aplikasi canva pada materi pencemaran lingkungan dengan kategori sangat valid digunakan dalam pembelajaran.Downloads
Published
2022-10-19
How to Cite
Mellisa, . M., & Imania, I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas VII SMPN Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6234–6241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7696
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mellisa, Imania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).