Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Hasil Belajar Penjas di SMP Negeri 3 Cikarang Utara

Authors

  • Muhamad Farhan Amien Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Zinat Achmad Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rahmat Iqbal Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7649

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil belajar penjas pada siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Cikarang Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penyebaran angket, instrument yang digunakan adalah pernyataan dengan skala Liker, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Cikarang Utara yang berjumlah 210. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik analisis univariat dan analisis bivariat. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil belajar yang baik adalah faktor intelegensi sebesar 64,8%, faktor minat belajar 61,4%, faktor motivasi belajar 66,2%, faktor gizi sebesar 63,3 %, faktor keluarga sebesar 61%, faktor guru sebesar 62,9 %, dan faktor sarana prasarana sebesar 66, 7%.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Amien, M. F. ., Achmad, I. Z. ., & Iqbal, R. . (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Hasil Belajar Penjas di SMP Negeri 3 Cikarang Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5998–6024. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7649