Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Terintegrasi Nilai Islam untuk Sekolah Dasar di Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7619Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan pembelajaran kontekstual (CTL) dan lembar kerja siswa (LKPD) terpadu berbasis nilai-nilai Islam yang efektif dan praktis untuk siswa kelas 5 sekolah dasar Islam komprehensif di kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and Develop). Penelitian dilakukan di tiga SD Islam Komprehensif, yaitu SDIT Madrasah Tiara, SDIT Fadhilah dan SDIT Madrasah Aulia Cendikia di Pekanbaru, Provinsi Riau. Dalam penelitian ini digunakan purposive sampling, yaitu untuk eksperimen kelompok diambil sampel sebanyak 9 siswa, terdiri dari 3 siswa SDIT Tiara Madrasah, 3 siswa SDIT Fadhilah, dan 3 siswa Madrasah Aulia Cendikia. Penelitian dilakukan dengan ahli materi dan media dari dosen dan guru serta siswa SDIT Tiara Madrasah, SDIT Fadhilah Pekanbaru dan Madrasah Aulia Cendikia di Pekanbaru Provinsi Riau. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil uji keefektifan, Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis Contextual Teaching (CTL) dan nilai keislaman siswa secara komprehensif serta tingkat persentase keefektifan LKPD. Tes latihan respon siswa pada kategori “sangat bermanfaat” dan respon guru pada kategori “sangat bermanfaat”. Dapat disimpulkan bahwa Contextual Teaching (CTL) dan Lembar Kerja Siswa Berbasis Nilai Islam Terpadu (LKPD) SD Islam Terpadu Kota Pekanbaru sangat efektif dan sangat praktis sehingga cocok untuk siswa di SD 5. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT).Downloads
Published
2022-10-17
How to Cite
Wahyuni, Y. S. ., Maiseptian, F. ., & Dewita, E. . (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Terintegrasi Nilai Islam untuk Sekolah Dasar di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5884–5893. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7619
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yulia Septi Wahyuni, Fadil Maiseptian, Erna Dewita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).