Strategi Orang Tua dalam Meningkatkan Ketahanan Belajar Anak di Desa Kedungbanjar Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7601Abstract
Pada anak yang mengalami masalah kesulitan belajar strategi orang tua menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah orang tua yang anaknya mengalami masalah kesulitan belajar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan observasi. Hasil data dan analisisnya menunjukan bahwa terdapat tiga strategi orang tua dalam meningkatkan ketahanan belajar anak yang pertama yaitu mensupport proses belajar anak yang dilakukan dengan cara mengajari anak belajar, meminta tolong kepada orang lain untuk mengajari anak belajar dan mengantar jemput anak yang jarak sekolahnya lumayan jauh. Kedua memotivasi dengan nasihat yang diberikan pada saat anak malas belajar agar dapat disiplin belajar, menasihati anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya serta menasihati anak supaya tidak kecanduan bermain games dan tiktok. Ketiga yaitu memberikan dukungan materi yang dilakukan dengan cara memenuhi apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh anak dalam menunjang proses belajarnya.Downloads
Published
2022-10-17
How to Cite
Raoyani, L. N. A. ., & Sari, M. M. K. . (2022). Strategi Orang Tua dalam Meningkatkan Ketahanan Belajar Anak di Desa Kedungbanjar Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5805–5825. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7601
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lutfiah Noer Anisa Raoyani, Maya Mustika Kartika Sari,

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









