Strategi Orang Tua dalam Meningkatkan Ketahanan Belajar Anak di Desa Kedungbanjar Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan

Authors

  • Lutfiah Noer Anisa Raoyani Universitas Negeri Surabaya
  • Maya Mustika Kartika Sari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7601

Abstract

Pada anak yang mengalami masalah kesulitan belajar strategi orang tua menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah orang tua yang anaknya mengalami masalah kesulitan belajar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan observasi. Hasil data dan analisisnya menunjukan bahwa terdapat tiga strategi orang tua dalam meningkatkan ketahanan belajar anak yang pertama yaitu mensupport proses belajar anak yang dilakukan dengan cara mengajari anak belajar, meminta tolong kepada orang lain untuk mengajari anak belajar dan mengantar jemput anak yang jarak sekolahnya lumayan jauh. Kedua memotivasi dengan nasihat yang diberikan pada saat anak malas belajar agar dapat disiplin belajar, menasihati anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya serta menasihati anak supaya tidak kecanduan bermain games dan tiktok. Ketiga yaitu memberikan dukungan materi yang dilakukan dengan cara memenuhi apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh anak dalam menunjang proses belajarnya.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Raoyani, L. N. A. ., & Sari, M. M. K. . (2022). Strategi Orang Tua dalam Meningkatkan Ketahanan Belajar Anak di Desa Kedungbanjar Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5805–5825. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7601