Budaya Penggemar BTS dalam Komunitas bts_armysemarang

Authors

  • Syafrina Maharani Putri Universitas Dian Nuswantoro
  • Rahmawati Zulfiningrum Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7593

Abstract

Korean wave atau gelombang Korea merupakan salah satu fenomena budaya pop yang saat ini  sedang digandrungi di berbagai negara dan penyebarannya begitu cepat. Penelitian bertujuan mengkaji budaya penggemar BTS dalam komunitas BTS Army Semarang atu fandom Army. Melihat beragam aktivitas yang dilakukan oleh klub pecinta Bangtan Sonyeondan atau BTS salah satu boyband Korea Selatan dengan menggunakan teori budaya penggemar. Penelitian menggunakan paradigma kritis dengan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Budaya penggemar memiliki tiga ciri utama yang pertama, menyoroti makna tulisan media yang melibatkan sisi intelektual dan emosional ditunjukkan dengan melakukan donasi, voting, dan mendengarkan karya BTS. Kedua, Bagaimana peran penggemar terkait dengan budaya penggemar dan mengulanginya kembali yaitu seperti mengikuti konser online yang diselenggarakan oleh komunitas. Ketiga, interaksi sosial dengan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dalam komunitas seperti perayaan ulang tahun member BTS, sharing terkait aktivitas member BTS, streaming lagu baru BTS agar peringkatnya semakin naik di billboard serta mempererat interaksi dengan sesama Army lainnya.  

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Putri, S. M. ., & Zulfiningrum, R. . (2022). Budaya Penggemar BTS dalam Komunitas bts_armysemarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5725–5731. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7593