Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tematik Terpadu Kelas V Tema 2 UPTD SDN 01 Situjuah Gadang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7532Abstract
Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran belum berpusat pada peserta didik, pembelajaran yang disajikan kurang menyajikan konsep secara utuh dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V UPTD SDN 01 Situjuah Gadang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 23 orang. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model problem based learning. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 86,11%, siklus II meningkat menjadi 94,44%. (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 85,71 %, siklus II meningkat menjadi 92,85%. (3) Penilaian Rata-rata aspek peserta didik siklus I adalah 83,92%. Siklus II meningkat menjadi 92,85%. (4) Penilaian rata- rata pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 77. Siklus II meningkat menjadi 87,1. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada tematik terpadu di kelas V UPTD SDN 01 Situjuah Gadang.Downloads
Published
2022-10-14
How to Cite
Diniyyah, D. ., & Ningsih, Y. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tematik Terpadu Kelas V Tema 2 UPTD SDN 01 Situjuah Gadang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5468–5476. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7532
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dian Diniyyah, Yarisda Ningsih
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).