Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tematik Terpadu Kelas V Tema 2 UPTD SDN 01 Situjuah Gadang

Authors

  • Dian Diniyyah Universitas Negeri Padang
  • Yarisda Ningsih Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7532

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran belum berpusat pada peserta didik, pembelajaran yang disajikan kurang menyajikan konsep secara utuh dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V UPTD SDN 01 Situjuah Gadang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 23 orang. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model problem based learning. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 86,11%, siklus  II meningkat menjadi 94,44%. (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 85,71 %, siklus II meningkat menjadi 92,85%. (3) Penilaian Rata-rata aspek peserta didik siklus I adalah 83,92%. Siklus II meningkat menjadi 92,85%. (4) Penilaian rata- rata pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 77. Siklus II meningkat menjadi 87,1. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada tematik terpadu di kelas V UPTD SDN 01 Situjuah Gadang.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Diniyyah, D. ., & Ningsih, Y. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tematik Terpadu Kelas V Tema 2 UPTD SDN 01 Situjuah Gadang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5468–5476. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7532