Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar

Authors

  • Wahyu Adi Saputro Universitas Muria Kudus
  • Deka Setawan Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI di SDN Karanganyar Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN Karanganyar, dengan subjek guru kelas VI dan 3 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan Uji Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas, Uji Konfirmabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yakni reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar subjek DW, MS, dan AA masih rendah ditandai dengan Perilaku subjek saat proses pembelajaran matematika siswa kurang antusias, merasa bosan dan kurang senang ketika belajar mata pelajaran matematika. Siswa masih sering asyik sendiri, bercanda dan berbicara dengan temannya saat guru menjelaskan materi. Siswa kurang aktif selama kegiatan belajar. Siswa enggan untuk bertanya  siswa kurang antusias untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya.

Downloads

Published

2022-10-12

How to Cite

Saputro, W. A. ., Setawan, D. ., & Riswari, L. A. . (2022). Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5128–5135. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7454