Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7454Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI di SDN Karanganyar Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN Karanganyar, dengan subjek guru kelas VI dan 3 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan Uji Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas, Uji Konfirmabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yakni reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar subjek DW, MS, dan AA masih rendah ditandai dengan Perilaku subjek saat proses pembelajaran matematika siswa kurang antusias, merasa bosan dan kurang senang ketika belajar mata pelajaran matematika. Siswa masih sering asyik sendiri, bercanda dan berbicara dengan temannya saat guru menjelaskan materi. Siswa kurang aktif selama kegiatan belajar. Siswa enggan untuk bertanya siswa kurang antusias untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya.Downloads
Published
2022-10-12
How to Cite
Saputro, W. A. ., Setawan, D. ., & Riswari, L. A. . (2022). Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5128–5135. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7454
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Wahyu Adi Saputro, Deka Setawan, Lovika Ardana Riswari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).