Manajemen Internalisasi Karakter Religius Melalui Sistem Kesiswaan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri

Authors

  • Andi Warisno Institut Agama Islam (IAI) An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.7440

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik internalisasi karakter religius pada siswa melalui sistem manajemen siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulang Bawang dan bagaimana model pembentukan karakter religius melalui sistem manajemen siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulang Bawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan tiga pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan model analisis data interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahapan: pengumpulan data, pengumpulan data, penyajian dan penarikan data serta pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan kredibilitas, ketergantungan, dan kesesuaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik internalisasi karakter religius pada siswa melalui sistem manajemen siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulang Bawang melalui 4 (empat) proses, yaitu: (a). proses perencanaan dilakukan dengan memberikan pengetahuan/informasi teoritis; (b). Proses pelaksanaan melalui kegiatan ubudiyah dan ekstrakurikuler; (c). Proses pembiasaan melalui pembentukan budaya religius, (d). monitoring (evaluasi) secara terus menerus berupa pemberian kartu monitoring kegiatan ubudiyah dan ekstrakurikuler serta melalui tawasukh (gotong royong) mengingatkan dengan keteladanan dan penilaian masyarakat. Model internalisasi karakter religius pada siswa melalui sistem manajemen siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulang Bawang meliputi 3 tahap, yaitu: tahap transformasi nilai (moral knowing), tahap transaksi nilai (moral feeling/moral loving), dan transinternalisasi. panggung (perbuatan moral/moral)

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Warisno, . A. . (2022). Manajemen Internalisasi Karakter Religius Melalui Sistem Kesiswaan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 627–635. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.7440