Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7433Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Ekonomi dengan menerapkan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada kelas VIII SMP Gajah Mada Medan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII A yang berjumlah 28 siswa dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, dokumentasi, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli s/d 23 Agustus 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan meningkat setelah diberikan tindakan penerapan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Jumlah rata rata hasil belajar siswa pada siklus I (70,35%) dan pada siklus II meningkat (78,93%). Jumlah yang memenuhi standar ketuntasan minimal belajar pada siklus I hanya 17 siswa (60,71%) dan pada siklus II yang tuntas mencapai 24 siswa (85,72%). Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 25,1%.Downloads
Published
2022-10-11
How to Cite
Damanik, . A. N. ., Simbolon, . L. ., Situmorang, . R. O. ., Tampubolon, H. R. ., & Siahaaan, M. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5047–5053. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7433
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Adhe Novtriandani Damanik, Layasina Simbolon, Renawita Octavia Situmorang, Hanna Ria Tampubolon, Mian Siahaaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).