Pengembangan Media Video Animasi Kartun Dengan Power Point Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7416Abstract
Pada abad ke-21 siswa dituntu untuk dapat mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Hal ini telah ditegaskan oleh Tabany dalam penelitiannya pada tahun 2017. Akan tetapi metode belajar siswa di Indonesia saat ini masih berfokus pada buku pelajaran semata yang mengakibatkan siswa merasa jenuh, bosan, dan tidak fokus saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu, pada penelitian ini penulis mengembangkan metode pembelajaran baru yaitu media video animasi kartun menggunakan power point. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan model ADDIE untuk tahapan penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 21 Siswa Kelas VI SDN 32 Selumang metode yang digunakan dinilai sangat sesuai untuk diajarkan kepada siswa Siswa Kelas VI SDN 32 Selumang. Hal ini terbukti dari hasil Pretest dan Postest, dimana hasil Prestest menyatakan 6 siswa lolos tes awal dan 15 lainnya tidak lolos. Sedangkan hasil Postest menyatakan 18 siswa lolos dan 3 tidak lolos. Hasil uji T pada data Pretest dan Postest siswa kelas VI SDN 32 Selumang juga menyatakan terjadi perbedaan yang signifikan pada hasil Pretest dan Postest.Downloads
Published
2022-10-10
How to Cite
Edo, . E. ., & Wahyudi, W. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Kartun Dengan Power Point Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4967–4981. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7416
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eduar Edo, Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).