Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium dalam Menunjang Pembelajan Biologi di SMA Negeri 2 Kefamenanu

Authors

  • Lusia Naimnule Universitas Timor
  • Erlin Fatima Halek Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas laboratorium sebagai upaya untuk menujang kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 2 Kefamenanu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  siswa SMA Negeri 2 Kefamenanu dan sampel penelitiannya adalah 30 siswa kelas XI yang dipilih secara acak (Random sampling). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kombinasi (mixed methods) kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan untuk menganalisis hubungan persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas laboratorium terhadap ketercapaian pembelajaran biologi dan penelitian kualitatif  untuk mengetahui deskripsi persepsi siswa terhadap pemanfaatan fasilitas laboratorium. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi untuk melakukan penelitian dan wawancara. Hasil penelitian dengan melakukan pengisian kuisioner tentang persepsi siswa terhadap fasilitas laboratorium dalam menunjang pembelajaran biologi maka diperoleh rata-rata hasil persepsi siswa terkait fasilitas laboratorium sebesar 71,25%, sedangkan  untuk uji hipotesis menunjukkan data bahwa t hitung > t tabel, yakni 7,25 > 1,69, hal ini berarti penggunaan fasilitas laboratorium dapat menunjang pembelajaran biologi di sekolah

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Naimnule, . L. ., & Halek, E. F. . (2022). Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium dalam Menunjang Pembelajan Biologi di SMA Negeri 2 Kefamenanu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4661–4666. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7374