Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium dalam Menunjang Pembelajan Biologi di SMA Negeri 2 Kefamenanu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7374Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas laboratorium sebagai upaya untuk menujang kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 2 Kefamenanu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Kefamenanu dan sampel penelitiannya adalah 30 siswa kelas XI yang dipilih secara acak (Random sampling). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kombinasi (mixed methods) kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan untuk menganalisis hubungan persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas laboratorium terhadap ketercapaian pembelajaran biologi dan penelitian kualitatif untuk mengetahui deskripsi persepsi siswa terhadap pemanfaatan fasilitas laboratorium. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi untuk melakukan penelitian dan wawancara. Hasil penelitian dengan melakukan pengisian kuisioner tentang persepsi siswa terhadap fasilitas laboratorium dalam menunjang pembelajaran biologi maka diperoleh rata-rata hasil persepsi siswa terkait fasilitas laboratorium sebesar 71,25%, sedangkan untuk uji hipotesis menunjukkan data bahwa t hitung > t tabel, yakni 7,25 > 1,69, hal ini berarti penggunaan fasilitas laboratorium dapat menunjang pembelajaran biologi di sekolahDownloads
Published
2022-10-10
How to Cite
Naimnule, . L. ., & Halek, E. F. . (2022). Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium dalam Menunjang Pembelajan Biologi di SMA Negeri 2 Kefamenanu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4661–4666. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7374
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lusia Naimnule, Erlin Fatima Halek
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).