Manajemen Strategi Guru dalam Meningkatkan Pengelolaan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7351Abstract
Manajemen strategi adalah proses pengambilan keputusan menerapkan tindakan dan mengevaluasi hal apa saja yang sudah dilakukan secara baik untuk mecapai tujuan tertentu.Dalam mengelola kelas, guru sering memiliki masalah, seperti bagaimana menciptakan kondisi yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran sehingga proses pembelajaran bisa berlangsung secara efektif dan efisien demi tercapainya proses pembelajaran khususnya di kelas besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Strategi Guru dalam mengelola kelas di Sekolah Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama guru kelas yang hasilnya sebagai data pendukung dari sumber utama serta observasi menegenai pengelolaan kelas.Setelah dilakukan pengumpulan data kemudian diakukan terhadap instrumen tersebut secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tentang Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di Sekolah bahwa wali kelas dalam pengelola kelas sudah baik hal ini dibuktikan dengan keadaan ruangan kelas yang tertera dengan baik dan rapi. Dengan membuat kelas penuh dengan karya siswa dan mengutamakan keaktifan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, serta siswa juga ikut dalam menjaga keindahan kelas. Untuk mengatur sirkulasi udara agar tidak mengganggu saat proses pembelajaran jendela tetap di buka dan fentilasi udara selalu dibersihkan setiap hari. Dan para saat melakukan proses pembelajaran di kelas, guru menggunakan metode tanya-jawab kepada peserta didik seperti guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan mata pelajaran, bernyanyi disaat mengkoordinasi peserta didik, memberikan penghargaan,tujuannya agar suasana kelas menjadi hidup.Downloads
Published
2022-10-07
How to Cite
Yontino, . M. ., Lubis, M. K., Baihaqi, F. ., Yanti, A. ., Lativah, H. ., Hafizah, C. V. ., & Puspita, M. T. (2022). Manajemen Strategi Guru dalam Meningkatkan Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4530–4536. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7351
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maulana Yontino, Muhammad Kurniawan Lubis, Fajar Baihaqi, Afrida Yanti, Hafni Lativah, Casyariadi Vana Hafizah, Maulida Tri Puspita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).