Strategi Perencanaan Pendidikan di Era Globalisasi

Authors

  • Chandra Winata Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dea Anisha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dimas Andika Shaputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Lutfhia Farhana Putri Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nurana Dwina Bintang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sri Rahayu Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7347

Abstract

Perencanaan (planning) menjadi faktor sangat penting dan strategis bersifat sebagai pedoman pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Proses perencanaan sebagai rangkaian kegiatan dilakukan untuk menyiapkan keputusan tentang apa yang diharapkan terjadi dan apa yang akan dilakukan. Dalam pendidikan Islam, perencanaan merupakan salah satu faktor kunci efektivitas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, baik di tingkat nasional maupun daerah. Namun dalam praktek penyelenggaraan pendidikan Islam, perencanaan pendidikan dipandang sebagai faktor pelengkap, sehingga tujuan belum tercapai secara maksimal. Pentingnya strategi perencanaan pengembangan pendidikan Islam di Indonesia dikarenakan dalam penyelenggaraan pendidikan Islam di Indonesia masih perlu dilakukan upaya reposisi, agar pendidikan Islam benar-benar dapat mencapai tujuannya.

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Winata, . C. ., Anisha, D. ., Shaputra, D. A. ., Putri Lubis, . L. F. ., Bintang, N. D. ., & Ningsih, S. R. . (2022). Strategi Perencanaan Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4523–4529. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7347