Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran Bermakna di Era Digital)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7307Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi dalam mewujudkan iklim pembelajaran bermakna di era digital. Dimana pendidikan yang bermaknan nantinya bisa memberikan inspirasi bagi peserta didik dalam dunia pendidikan di era serba digital, guna membangun suatu iklim pembelajaran yang menyenangkan, menginspirasi, bermakna serta terlaksana dengan efektif dan efiseien. Untuk mewujudkan tujuan penelitian diatas, maka peneliti memilih jenis penelitian studi pustaka dengan pendekatan filosofis atau analisis konten dengan mengumpulkan literatur terkait baik buku, artikel dan literasi terkait lainnya sebagai sumber data. Adapun hasil penelitian ini menunjkan bahwa dalam menjadikan iklim pembelajaran yang bersifat bermakna dan inspiratif di era digital ini, maka aspek yang paling dasar yang wajib dipahami oleh para pendidik ialah bagaimana para pendidik bisa mendorong serta menarik minat untuk menyukai serta senang terhadap kegiatan pembelajaran serta materi yang disampaika. Untuk mewujudkan hal itu, guru harus menyiapkan beberapa strategi yaitu, inovasi pada model pembelajaran era digital, menguasai konten knowledge dan teknologi knowledge serta menjalankan evaluasi serta inovasi dalam pembelajaran dengan bantuan media digital.Downloads
Published
2022-10-06
How to Cite
Agusta, A. R., Lestari, N. C., Suriansyah, A. ., Nofirman, N., & Rukhmana, T. . (2022). Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran Bermakna di Era Digital). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4303–4311. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7307
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Akhmad Riandy Agusta, Nana Citrawati Lestari, Ahmad Suriansyah, Nofirman, Trisna Rukhmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).