Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran Bermakna di Era Digital)

Authors

  • Akhmad Riandy Agusta Universitas Lambung Mangkurat
  • Nana Citrawati Lestari STKIP PGRI Banjarmasin
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Nofirman Nofirman Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Trisna Rukhmana STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi dalam mewujudkan iklim pembelajaran bermakna di era digital. Dimana pendidikan yang bermaknan nantinya bisa memberikan inspirasi bagi peserta didik dalam dunia pendidikan di era serba digital, guna membangun suatu iklim pembelajaran yang menyenangkan, menginspirasi, bermakna serta terlaksana dengan efektif dan efiseien. Untuk mewujudkan tujuan penelitian diatas, maka peneliti memilih jenis penelitian studi pustaka dengan pendekatan filosofis atau analisis konten dengan mengumpulkan literatur terkait baik buku, artikel dan literasi terkait lainnya sebagai sumber data. Adapun hasil penelitian ini menunjkan bahwa dalam menjadikan iklim pembelajaran yang bersifat bermakna dan inspiratif di era digital ini, maka aspek yang paling dasar yang wajib dipahami oleh para pendidik ialah bagaimana para pendidik bisa mendorong serta menarik minat untuk menyukai serta senang terhadap kegiatan pembelajaran serta materi yang disampaika. Untuk mewujudkan hal itu, guru harus menyiapkan beberapa strategi yaitu, inovasi pada model pembelajaran era digital, menguasai konten knowledge dan teknologi knowledge serta menjalankan evaluasi serta inovasi dalam pembelajaran dengan bantuan media digital.

Downloads

Published

2022-10-06

How to Cite

Agusta, A. R., Lestari, N. C., Suriansyah, A. ., Nofirman, N., & Rukhmana, T. . (2022). Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran Bermakna di Era Digital). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4303–4311. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7307