Pengaruh Pemahaman Konsep terhadap Pembelajaran Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraann SD ditinjau dari Sikap Kemandirian
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7273Abstract
Pendidikan kewarganegaraan seolah merupakan suatu subjek yang memiliki urgensi tinggi di negara manapun. Pentingnya penyampaian pendidikan kewarganegaraan membuat subjek pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu subjek yang wajib untuk diajarkan pada berbagai tingkat pendidik mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Salah satu komponen utama dalam pendidikan kewarganegaraan adalah konsep dasar pendidikan kewarganegaraan. Guna memahami pendidikan kewarganegaraan secara utuh sudah seharusnya jika pemahaman terhadap konsep dasar pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dengan baik. Pembelajaran konsep dasar pendidikan pada sekolah dasar dipengaruhi oleh pemahaman konsep yang dapat ditinjau dari kemandirian mahasiswa dalam bersikap. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman konsep terhadap pembelajaran konsep dasar pendidikan kewarganegaraan yang dilihat dari aspek kemandirian yang dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan data primer. Data yang digunakan pada penelitian ini diambil oleh peneliti dengan cara melakukan observasi. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian mahasiswa terhadap kemampuan memahami konsep. Begitu juga kemampuan memahami konsep tersebut memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam pembelajaran konsep dasar pendidikan kewarganegaraan. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konsep dasar pendidikan kewarganegaraan membutuhkan sikap kemandirian dan kemampuan memahami konsep dari mahasiswa.Downloads
Published
2022-10-06
How to Cite
Wartulas, S., & Purwaningsih, D. . (2022). Pengaruh Pemahaman Konsep terhadap Pembelajaran Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraann SD ditinjau dari Sikap Kemandirian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4183–4192. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7273
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Wartulas, Dian Purwaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).