Pengaruh Pemahaman Konsep terhadap Pembelajaran Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraann SD ditinjau dari Sikap Kemandirian

Authors

  • Sri Wartulas Universitas Peradaban
  • Dian Purwaningsih Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7273

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan seolah merupakan suatu subjek yang memiliki urgensi tinggi di negara manapun. Pentingnya penyampaian pendidikan kewarganegaraan membuat subjek pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu subjek yang wajib untuk diajarkan pada berbagai tingkat pendidik mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Salah satu komponen utama dalam pendidikan kewarganegaraan adalah konsep dasar pendidikan kewarganegaraan. Guna memahami pendidikan kewarganegaraan secara utuh sudah seharusnya jika pemahaman terhadap konsep dasar pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dengan baik. Pembelajaran konsep dasar pendidikan pada sekolah dasar dipengaruhi oleh pemahaman konsep yang dapat ditinjau dari kemandirian mahasiswa dalam bersikap. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman konsep terhadap pembelajaran konsep dasar pendidikan kewarganegaraan yang dilihat dari aspek kemandirian yang dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan data primer. Data yang digunakan pada penelitian ini diambil oleh peneliti dengan cara melakukan observasi. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian mahasiswa terhadap kemampuan memahami konsep. Begitu juga kemampuan memahami konsep tersebut memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam pembelajaran konsep dasar pendidikan kewarganegaraan. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konsep dasar pendidikan kewarganegaraan membutuhkan sikap kemandirian dan kemampuan memahami konsep dari mahasiswa.

Downloads

Published

2022-10-06

How to Cite

Wartulas, S., & Purwaningsih, D. . (2022). Pengaruh Pemahaman Konsep terhadap Pembelajaran Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraann SD ditinjau dari Sikap Kemandirian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4183–4192. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7273