Pengaruh Pelatihan Kreativitas Clay terhadap Kreativitas Guru PAUD di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7265Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh pelatihan clay pada guru PAUD terhadap kreativitas guru PAUD di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten. Jumlah subjek yang terdapat pada penelitian ini adalah sebanyak 15 orang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kuasi eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Kreativitas guru PAUD di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten sebelum dilaksanakannya pelatihan clay dari hasil data pengisian kuisioner pada saat pre-test rata-rata sebesar 53,6667. Hasil post-test setelah pelaksanaan pelatihan clay, menunjukkan peningkatan yang dapat dibuktikan dari nilai rata-rata sebesar 67,3333. Berdasarkan penghitungan, tampak hasil uji t berpasangan data pre-test dan post- test signifikan karena memiliki nilai p < 0,05 (p = 0,000 < 0,05) ini artinya Ho ditolak dan Ha dapat diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kreativitas guru Paud sesudah mengikuti Pelatihan clay pada guru Paud di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten.Adanya pelatihan clay menggunakan metode ceramah dan praktek dapat meningkatkan kreativitas guru PAUD Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten.Downloads
Published
2022-10-06
How to Cite
Rahayu, . S. ., & Apriyansyah, C. . (2022). Pengaruh Pelatihan Kreativitas Clay terhadap Kreativitas Guru PAUD di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4112–4117. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7265
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Rahayu, Chandra Apriyansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).