Pengaruh Pelatihan Kreativitas Clay terhadap Kreativitas Guru PAUD di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten

Authors

  • Sri Rahayu Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Chandra Apriyansyah Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7265

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh pelatihan clay pada guru PAUD terhadap kreativitas guru PAUD di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten. Jumlah subjek yang terdapat pada penelitian ini adalah sebanyak 15 orang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kuasi eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Kreativitas guru PAUD di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten sebelum dilaksanakannya pelatihan clay dari hasil data pengisian kuisioner pada saat pre-test rata-rata sebesar 53,6667. Hasil post-test setelah pelaksanaan pelatihan clay, menunjukkan peningkatan yang dapat dibuktikan dari nilai rata-rata sebesar 67,3333. Berdasarkan penghitungan, tampak hasil uji t berpasangan data pre-test dan post- test signifikan karena memiliki nilai p < 0,05 (p = 0,000 < 0,05) ini artinya   Ho ditolak dan Ha dapat diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kreativitas guru Paud sesudah mengikuti Pelatihan clay pada guru Paud di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten.Adanya pelatihan clay menggunakan metode ceramah dan praktek dapat meningkatkan kreativitas guru PAUD Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten.

Downloads

Published

2022-10-06

How to Cite

Rahayu, . S. ., & Apriyansyah, C. . (2022). Pengaruh Pelatihan Kreativitas Clay terhadap Kreativitas Guru PAUD di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4112–4117. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7265