Pengembangan Kesadaran Digital Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Pada Perguruan Tinggi : Sebuah Refleksi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7264Abstract
Tujuan artikel ini ialah melaukan kajian secara mendalam mengenai pengembangan kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan. Metode yang digunakan adalah lybrary research. Objek penelitian berasal dari buku, Jurnal, laporan penelitian dan dokumen lain yang terkait dengan kesadaran digital, pendidikan kewarganegaraan dan post pandemi. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi yaitu mengidentifikasi wacana dari objek penelitian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pendidikan kewarganegaraan berperan dalam memberikan kesadaran digital di era post pandemi. 2) pengembangan kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan di era post pandemic tertransformasi dalam gagasan warga negara yang beradab atau civilized society secara digital. 3) kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan di era post pandemic terwujud dalam etika digital sebagai hasil dari adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi. Adapun sebagai pendukung dalam pengembangan kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan di era post pandemic ialah melalui pembelajaran kolaboratif sebagai solusi dalam penerapan pembelajaran post pandemi yang tetap mengedepankan keterhubungan siswa sebagai makhuk sosial agar tetap dapat bersosialiaso, kejasama , dan membantu antar sesama. Setelah melakukan kajian, peneliti menyimpulkan jika pengembangan kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan di era post pandemic ialah sebagai estafet project perwujudan smart and good citizenship post pandemic.Downloads
Published
2022-10-13
How to Cite
Hidayah, Y., & Sunarso, S. (2022). Pengembangan Kesadaran Digital Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Pada Perguruan Tinggi : Sebuah Refleksi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5380–5386. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7264
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yayuk Hidayah, Sunarso Sunarso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).