Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Properti Syariah

Authors

  • Rasi Magi Akhsya Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hilman Hakiem Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • M. Kholil Nawawi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7219

Abstract

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Salah satunya yaitu kebutuhan fisik yang perlu dipenuhi, terkhusus pada tempat tinggal. Memiliki rumah sendiri kini bukan lagi sesuatu yang sulit, karena ada fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). KPR adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. Di jaman ini. pemilihan transaksi syariah lebih di inginkan oleh beberapa orang disebabkan oleh pengaruh religiusitas yang dipercayai. Namun pada akhir tahun 2019 ada beberapa kasus developer properti syariah yang tidak amanah, dari sisi pelayanan, religiusitas, tidak sebanding harga dengan kualitas produknya, lokasi yang terkesan mudah terjangkau, dimana kesemuanya tertuang dalam promosi yang dilakukan, kemudian mendorong konsumen untuk terpancing mengambil keputusan membeli serta banyak properti syariah menjual dengan akad bermasala. Sehingga membuat mayarakat muslim ragu untuk membeli properti yang menggunakan sistem jual beli secara syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai kualitas produk, kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap keputusan pembelian properti, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pemebelian properti, dan strategi meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap properti di Rumah Halal Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rumah Halal Indonesia selama periode Agustus 2022 sebanyak 249 responden, namun sampel yang digunakan sebanyak 71 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi kualitas produk, kualitas pelayanan dan religiusitas sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis  deskriptif kuantitaif  serta  analisis partial  least  square  structural  equation  modeling (PLS-SEM).  PLS-SEM yaitu  model  persamaan  struktural untuk mengembangkan atau memprediksi suatu teori yang sudah ada. Model persamaan yang dianalisis adalah model bagian luar (outer model), model bagian dalam (inner model) dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan  menggunakan  perangkat  lunak  PLS-SEM  versi  3.0  diperoleh  hasil  bahwa  persepsi baik sebanyak 48.1% dan persepsi baik sekali sebanyak 51.9%. Dapat di ketahui pengaruh positif namun tidak signifikan  antara kualitas produk dengan keputusan pembelian, pengaruh positif antaran kualitas pelayanan secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan pengaruh positif antara religiusitas secara signifikan terhadap keputusan pembelian properti di Rumah Halal Indonesia. Dan untuk meningkatkan pembelian peroperti di Rumah Halal Indonesia menggunakan strategi dengan cara Indikator yang sudah baik bisa ditingakatkan lagi dan indikator yang baik sekali dipertahankan.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Akhsya, . . . . . . R. M. ., Hakiem, H., & Nawawi, M. K. . (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Properti Syariah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3827–3839. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7219