Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Properti Syariah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7219Abstract
Setiap manusia memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Salah satunya yaitu kebutuhan fisik yang perlu dipenuhi, terkhusus pada tempat tinggal. Memiliki rumah sendiri kini bukan lagi sesuatu yang sulit, karena ada fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). KPR adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. Di jaman ini. pemilihan transaksi syariah lebih di inginkan oleh beberapa orang disebabkan oleh pengaruh religiusitas yang dipercayai. Namun pada akhir tahun 2019 ada beberapa kasus developer properti syariah yang tidak amanah, dari sisi pelayanan, religiusitas, tidak sebanding harga dengan kualitas produknya, lokasi yang terkesan mudah terjangkau, dimana kesemuanya tertuang dalam promosi yang dilakukan, kemudian mendorong konsumen untuk terpancing mengambil keputusan membeli serta banyak properti syariah menjual dengan akad bermasala. Sehingga membuat mayarakat muslim ragu untuk membeli properti yang menggunakan sistem jual beli secara syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai kualitas produk, kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap keputusan pembelian properti, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pemebelian properti, dan strategi meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap properti di Rumah Halal Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rumah Halal Indonesia selama periode Agustus 2022 sebanyak 249 responden, namun sampel yang digunakan sebanyak 71 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi kualitas produk, kualitas pelayanan dan religiusitas sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitaif serta analisis partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). PLS-SEM yaitu model persamaan struktural untuk mengembangkan atau memprediksi suatu teori yang sudah ada. Model persamaan yang dianalisis adalah model bagian luar (outer model), model bagian dalam (inner model) dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan perangkat lunak PLS-SEM versi 3.0 diperoleh hasil bahwa persepsi baik sebanyak 48.1% dan persepsi baik sekali sebanyak 51.9%. Dapat di ketahui pengaruh positif namun tidak signifikan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian, pengaruh positif antaran kualitas pelayanan secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan pengaruh positif antara religiusitas secara signifikan terhadap keputusan pembelian properti di Rumah Halal Indonesia. Dan untuk meningkatkan pembelian peroperti di Rumah Halal Indonesia menggunakan strategi dengan cara Indikator yang sudah baik bisa ditingakatkan lagi dan indikator yang baik sekali dipertahankan.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Akhsya, . . . . . . R. M. ., Hakiem, H., & Nawawi, M. K. . (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Properti Syariah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3827–3839. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7219
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rasi Magi Akhsya, Hilman Hakiem, M. Kholil Nawawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).