Penerapan Metode Zoltan Kodaly Pada Mata Kuliah Mayor Vokal Program Studi Musik Gereja IAKN Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7196Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan mahasiswa tentang notasi, dalam hal ini pada mata kuliah mayor vokal. Penerapan metode Zoltan Kodaly merupakan salah satu langkah peneliti untuk mengembangkan dan berinovasi pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mengenal, membaca, dan menyanyikan notasi dengan benar. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (action research) yang dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Zoltan Kodaly dalam pembelajaran notasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal, membaca dan menyanyikan notasi dengan benar pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah mayor vokal. Adanya peningkatan dapat dilihat dari hasil tes mahasiswa setelah diberikan tindakan. Pada siklus I, rata-rata nilai 45,5 dengan persentasi kelulusan 25%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, rata-rata nilai 85,5. Metode Zoltan Kodaly efektif untuk memusatkan fokus, menyeimbangkan otak kiri dan kanan, serta melatih respon mahasiswa dalam menerima materi pembelajaran. Hasil wawancara melalui google form, 50% mahasiswa setuju metode Zoltan Kodaly memberikan dampak yang baik terhadap kemampuan mengenal, membaca, dan menyanyikan notasi mahasiswaDownloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Sihombing, O. M. (2022). Penerapan Metode Zoltan Kodaly Pada Mata Kuliah Mayor Vokal Program Studi Musik Gereja IAKN Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3929–3934. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7196
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Octa Maria Sihombing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









