Penerapan Metode Zoltan Kodaly Pada Mata Kuliah Mayor Vokal Program Studi Musik Gereja IAKN Palangka Raya

Authors

  • Octa Maria Sihombing IAKN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7196

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan mahasiswa tentang notasi, dalam hal ini pada mata kuliah mayor vokal. Penerapan metode Zoltan Kodaly merupakan salah satu langkah peneliti untuk mengembangkan dan berinovasi pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mengenal, membaca, dan menyanyikan notasi dengan benar. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (action research) yang dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Zoltan Kodaly dalam pembelajaran notasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal, membaca dan menyanyikan notasi dengan benar pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah mayor vokal. Adanya peningkatan dapat dilihat dari hasil tes mahasiswa setelah diberikan tindakan. Pada siklus I, rata-rata nilai 45,5 dengan persentasi kelulusan 25%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, rata-rata nilai 85,5. Metode Zoltan Kodaly efektif untuk memusatkan fokus, menyeimbangkan otak kiri dan kanan, serta melatih respon mahasiswa dalam menerima materi pembelajaran. Hasil wawancara melalui google form, 50% mahasiswa setuju metode Zoltan Kodaly memberikan dampak yang baik terhadap kemampuan mengenal, membaca, dan menyanyikan notasi mahasiswa

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Sihombing, O. M. (2022). Penerapan Metode Zoltan Kodaly Pada Mata Kuliah Mayor Vokal Program Studi Musik Gereja IAKN Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3929–3934. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7196