Urgensi Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Personality (Tpack-P) Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Ilham Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Adam Latuconsina IAIN Ambon
  • Susatyo Adhi Pramono Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Petrus Jacob Pattiasina Universitas Pattimura Ambon
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7195

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut semua pendidik untuk mampu beradaptasi dengan kebutuhan serta tuntunan zaman. TPACK termasuk satu dari beberapa skill penting yang wajib dimiliki oleh para pendidik di era 4.0. pada masa revolusi industri 4.0 pendidik didorong untuk mengkonstruksi aktivitas belajar mengajar yang dilakukan dengan mengunakan bantuan teknologi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian studi pustaka dengan pendekatan filosofis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan 4.0 mendorong para pendidik untuk bisa menguasai teknologi supaya bisa diintegrasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan para pendidik dalam memahami serta menguasai teknologi di bidang pendidikan bisa ditinjau melalui TPaCK “technological pedagogical content knowledge” yang ada pada diri pendidik. TPaCK termasuk kerangka teoritis guna menjalankan integrasi pada teknologi, pedagogik serta materi pelajaran yang terdapat dalam aktivitas belajar mengajar. Artikel ini menganalisa mengenai urgensi kemampuan TPacK pendiddik serta interaksi yang ada pada berbagai unsur TPack dan hubungannya dengan revolusi industri 4.0. Kata kunci: TPaCK, Pendidik, Revolusi Industri 4.0

Downloads

Published

2022-10-03

How to Cite

Kamaruddin , I. ., Latuconsina, A. ., Pramono, S. A. ., Pattiasina, P. J. ., & Wahab, A. . (2022). Urgensi Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Personality (Tpack-P) Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3680–3688. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7195

Most read articles by the same author(s)