Peningkatan Keaktifan Belajar Tema 1 Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri III Pamotan Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Muhammad Syarif Hidayatullah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Pratiwi Pujiastuti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Pantes Handayani Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7192

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias dan semangat siswa serta pemanfaatan media dalam proses pembelajaran sehingga keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Presentase nilai keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yaitu sebesar 20% pada kriteria sangat rendah, 25% pada kriteria rendah, 40% pada kriteria sedang, dan 15% pada kriteria tinggi dengan rata-rata nilai keaktifan mencapai 53%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tema 1 melalui model discovery learning di kelas III Semester 1 SD Negeri 3 Pamotan Rembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari dua kali pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menggunakan model discovery learning berbasis TPACK pada siklus I menunjukkan peningkatan sebesar 72%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan perolehan nilai rata-rata keaktifan peserta didik mencapai 83%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tema 1 kelas III semester 1 SD Negeri 3 Pamotan.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Hidayatullah, . M. S., Pujiastuti, P. ., & Handayani, P. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Tema 1 Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri III Pamotan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3659–3670. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7192