Peningkatan Keaktifan Belajar Tema 1 Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri III Pamotan Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7192Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias dan semangat siswa serta pemanfaatan media dalam proses pembelajaran sehingga keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Presentase nilai keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yaitu sebesar 20% pada kriteria sangat rendah, 25% pada kriteria rendah, 40% pada kriteria sedang, dan 15% pada kriteria tinggi dengan rata-rata nilai keaktifan mencapai 53%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tema 1 melalui model discovery learning di kelas III Semester 1 SD Negeri 3 Pamotan Rembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari dua kali pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menggunakan model discovery learning berbasis TPACK pada siklus I menunjukkan peningkatan sebesar 72%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan perolehan nilai rata-rata keaktifan peserta didik mencapai 83%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tema 1 kelas III semester 1 SD Negeri 3 Pamotan.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Hidayatullah, . M. S., Pujiastuti, P. ., & Handayani, P. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Tema 1 Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri III Pamotan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3659–3670. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7192
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Syarif Hidayatullah, Pratiwi Pujiastuti, Pantes Handayani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).