Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7124Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas Penerapan Model Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik materi lingkaran di SMP Negeri 11 Cirebon. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan instrument yang digunakan berupa tes. Adapun hasil penelitiannya yaitu Penerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari pada metode ceramah biasa. Hal ini terlihat dari nilai Rata-rata kelas pada tes penilaian harian pra siklus = 70,88. siklus I = 75,7. siklus II = 80. siklus III = 85.dan persentase ketuntasan belajar dari peserta didik secara perorangan pada tes harian pra siklus tuntas 55,88%. siklus I tuntas76%. Siklus II tuntas 85,3%. dan siklus III tuntas 97,1%. Penerapan model project based learning juga meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Ini terlihat dari hasil persentase observasi peserta didik pada pembelajaran pra siklus 57% dengan predikat cukup, siklus I 70% dengan predikat baik, siklus II 86% dengan predikat sangat baik dan siklus III 96% dengan predikat sangat baik. Kata Kunci: Lingkaran, Project Base Learning, Hasil BelajarDownloads
Published
2022-09-28
How to Cite
Lestari , D. . (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3372–3381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7124
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dewi Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).