Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran)

Authors

  • Dewi Lestari SMPN 11 Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas Penerapan Model Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik materi lingkaran di SMP Negeri 11 Cirebon. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan instrument yang digunakan berupa tes. Adapun hasil penelitiannya yaitu Penerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari pada metode ceramah biasa. Hal ini terlihat dari nilai Rata-rata kelas pada tes penilaian harian pra siklus = 70,88. siklus I = 75,7. siklus II = 80. siklus III = 85.dan persentase ketuntasan belajar dari peserta didik secara perorangan pada tes harian pra siklus tuntas 55,88%. siklus I tuntas76%. Siklus II tuntas 85,3%. dan siklus III tuntas 97,1%. Penerapan model project based learning juga meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Ini terlihat dari hasil persentase observasi peserta didik pada pembelajaran pra siklus 57% dengan predikat cukup, siklus I 70% dengan predikat baik, siklus II 86% dengan predikat sangat baik dan siklus III  96% dengan predikat sangat baik. Kata Kunci: Lingkaran, Project Base Learning, Hasil Belajar

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Lestari , D. . (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3372–3381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7124