Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7110Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flip chart terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam keberagaman kelas IV di UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Yang menggunakan bentuk Pre-experimental Designs. Jenis penelitian yang akan dilakukan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes yang telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media flip chart terhadap hasil belajar pada subtema kebersamaan dalam keberagaman siswa kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Hal ini terlihat pada pengujian uji “t”, diperoleh harga yaitu 19,242. Dengan frekuensi (db) sebesar 30 — 2 = 28, pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh yaitu 1,701. Maka diperoleh > atau 19,242 > 1,701 maka ditolak dan diterima, yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima.Downloads
Published
2022-09-28
How to Cite
Bora, D., Nancy, N. A. P., & Natalia, N. P. (2022). Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3289–3296. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7110
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Debora Bora, Nancy Angelia Purba Nancy, Natalina Purba Natalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).