Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar

Authors

  • Debora Bora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Nancy Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Natalia Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flip chart terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam keberagaman kelas IV di UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Yang menggunakan bentuk Pre-experimental Designs. Jenis penelitian yang akan dilakukan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes yang telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media flip chart terhadap hasil belajar pada subtema kebersamaan dalam keberagaman siswa kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Hal ini terlihat pada pengujian uji “t”, diperoleh harga  yaitu 19,242. Dengan frekuensi (db) sebesar 30 — 2 = 28, pada taraf signifikan  = 0,05 diperoleh  yaitu 1,701. Maka diperoleh  >  atau 19,242 > 1,701 maka  ditolak dan  diterima, yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Bora, D., Nancy, N. A. P., & Natalia, N. P. (2022). Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3289–3296. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7110