Pengaruh Materi Pembelajaran Kreatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Gajah Mada Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7106Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materi pembelajaran kreatif terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Gajah Mada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan populasi seluruh siswa kelas X SMA Gajah Mada yang berjumlah 19 siswa sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Signifikansi Regresi (Uji T), Uji Signifikansi Koefisien Regresi (Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar kreatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi dengan persamaan Y = 26,274+ 0,798X dengan penjelasan bahwa untuk setiap kenaikan 1% bahan ajar kreatif maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,798. Pengujian hipotesis secara parsial (uji-t) untuk variabel X diperoleh thitung (10,345) > t-tabel (2,109) dan p-value (0,000) yang dapat disimpulkan bahwa variabel bebas X (pembelajaran dan materi kreatif) memiliki pengaruh yang signifikan pengaruh terhadap variabel terikat Y (hasil studi).Downloads
Published
2022-09-28
How to Cite
Simangunsong, . R. ., Siburian, R. ., Turnip, T. D. M. ., & Purba, P. E. . (2022). Pengaruh Materi Pembelajaran Kreatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Gajah Mada Tahun Ajaran 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3207–3214. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7106
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rosma Simangunsong, Rentina Siburian, Triana Devina Margaretha Turnip, Putri Elsarika Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).