Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 13/I Muara Bulian Kecamatan Muara Bulian

Authors

  • Suwarsih Suwarsih SD 13/I Muara Bulian

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7102

Abstract

Penelitian ini bertujuan bagaimana penggunaan  media  pias-pias  kata  dapat  meningkatkan keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas I SD Negeri 13/I Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas I SD Negeri 13/I muara bulian sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan media pias-pias kata mencapai rata-rata 65,65%, pada siklus I dan meningkat menjadi 91,30% pada siklus II sudah mencapai kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu 75% siswa dapat menunjukkan keaktifan berpikir dengan sungguh-sungguh, dalam proses pembelajaran pada siklus I dan 90,40% pada siklus II berarti siswa sudah dapat memecahkan masalah yang dihadapi secara bersama-sama.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Suwarsih, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 13/I Muara Bulian Kecamatan Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3232–3240. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7102