A Content Analysis of Vocabulary Materials in One English Textbook for Vocational High School Students
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7081Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis materi kosakata dalam Buku Bahasa Inggris Kelas 12 di Sekolah Menengah Kejuruan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rumusan penelitian dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah bagaimana topik kosa kata disajikan dalam buku teks bahasa Inggris kelas 12 di Sekolah Menengah Kejuruan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan sumber data berupa buku. Buku yang dianalisis terdiri dari sebelas bagian, dan setiap bagian menyediakan konten kosakata. Hasil penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kriteria analisis kosakata yang dikemukakan oleh Celce Murcia dan menunjukkan bahwa kosakata yang terdapat dalam buku teks lebih banyak mengandung kosakata yang sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran daripada kosakata yang tidak sesuai dengan materi. Dan dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kriteria inklusivitas per silabus dan aksesibilitas mendapatkan nilai tertinggi yaitu 3,7; Kesesuaian Konteks dan Kesesuaian Load of Kriteria mendapatkan skor 3,6; dan kriteria distribusi Seimbang mendapatkan nilai 3.Downloads
Published
2022-09-27
How to Cite
Amalia, . A. F. ., & Rahmawati, M. (2022). A Content Analysis of Vocabulary Materials in One English Textbook for Vocational High School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3103–3108. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7081
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Annisa Fitri Amalia, Maya Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).