A Content Analysis of Vocabulary Materials in One English Textbook for Vocational High School Students

Authors

  • Annisa Fitri Amalia University of Singaperbangsa Karawang
  • Maya Rahmawati University of Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7081

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis materi kosakata dalam Buku Bahasa Inggris Kelas 12 di Sekolah Menengah Kejuruan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rumusan penelitian dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah bagaimana topik kosa kata disajikan dalam buku teks bahasa Inggris kelas 12 di Sekolah Menengah Kejuruan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan sumber data berupa buku. Buku yang dianalisis terdiri dari sebelas bagian, dan setiap bagian menyediakan konten kosakata. Hasil penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kriteria analisis kosakata yang dikemukakan oleh Celce Murcia dan menunjukkan bahwa kosakata yang terdapat dalam buku teks lebih banyak mengandung kosakata yang sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran daripada kosakata yang tidak sesuai dengan materi. Dan dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kriteria inklusivitas per silabus dan aksesibilitas mendapatkan nilai tertinggi yaitu 3,7; Kesesuaian Konteks dan Kesesuaian Load of Kriteria mendapatkan skor 3,6; dan kriteria distribusi Seimbang mendapatkan nilai 3.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Amalia, . A. F. ., & Rahmawati, M. (2022). A Content Analysis of Vocabulary Materials in One English Textbook for Vocational High School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3103–3108. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7081