Analisis Implementasi Kegiatan PMR terhadap Perkembangan Pendidikan Karakter Siswa di SDIT Tiara Aksara Kota Tangerang

Authors

  • Dinda Ayu Amalia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yenni Yenni Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yoyoh fathurrohmah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7063

Abstract

Pendidikan karakter merupakan penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah, artinya seluruh warga sekolah berperan dalam kegiatan pendidikan karakter, termasuk kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR, yaitu perkembangan nilai karakter peduli sosial, toleransi dan tanggung jawab siswa di SDIT Tiara Aksara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan ekstrakurikuler PMR di SDIT Tiara Aksara dapat mengembangkan karakter peduli sosial, toleransi dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan latihan rutin yaitu pemberian 7 materi pokok dan praktek yang sesuai dengan kurikulum PMR yang berlaku. Masalah yang dihadapi pada pelaksanaan kegiatan PMR yaitu, program atau kegiatan-kegiatan lainnya di PMR belum sepenuhnya terlaksana. Upaya yang dilakukan dalam mengembangkan pendidikan karakter yaitu dengan kegiatan latihan rutin, para anggota PMR mendapatkan ilmu yang tidak mereka dapatkan di bangku kelas.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Amalia, D. A. ., Yenni, Y., & fathurrohmah, Y. . (2022). Analisis Implementasi Kegiatan PMR terhadap Perkembangan Pendidikan Karakter Siswa di SDIT Tiara Aksara Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3006–3010. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7063