Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP Swasta Putri Sion Yusmarsah

Authors

  • Samuel Juliardi Sinaga Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Putri Marsaulina Toba Panggabean Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Agusmanto J.B Hutauruk Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan bahan ajar matematika berbasis kearifan lokal terhadap motivasi belajar siswa pada pokok bahasan segiempat dan segituga yang valid serta untuk mengetahui bagaimana kualitas bahan ajar matematika berbasis kearifan lokal terhadap motivasi belajar siswa pada pokok bahasan segiempat san segitiga di SMP Swasta Putri Sion Yusmarsah. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Putri Sion Yusmarsah yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa 31 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa LKPD berbasis kearifan lokal budaya Riau untuk SMP kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan maka diberi kesimpulan yaitu pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal terhadap motivasi belajar siswa memenuhi kriteria sangan baik..

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Sinaga, . S. J. ., Panggabean, P. M. T. ., & Hutauruk, . A. J. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP Swasta Putri Sion Yusmarsah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2734–2741. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7022