Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Kelas I SDN Batursari 5 Mranggen Demak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7005Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran cerita bergambar berupa kartu pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas I Sekolah Dasar sehingga dapat mengetahui dan menganalisis karakteristik bahan ajar pembelajaran cerita bergambar berupa kartu serta menganalisis kelayakan dan kepraktisan bahan ajar pembelajaran cerita bergambar berupa kartu pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas I Sekolah Dasar.Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall dengan menggunakan 8 langkah yaitu dari tahap Penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk dan uji lapangan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IC di SDN Batursari 5 Mranggen Demak sebanyak 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskritif kualitataif dari hasil wawancara dengan guru, peserta didik, ahli media dan ahli materi dan analisis kuantitatif dari angket guru, peserta didik, ahli media, ahli materi dan ahli bahan ajar . Hasil penelitian yang berjudul “ Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila kelas I SDN Batursari 5 Mranggen Demak”. didapatkan kesimpulan bahwa karakteristik bahan ajar pembelajaran cerita bergambar berupa kartu yang dikembangkan pada penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Desain bahan ajar menggunakan kertas Ivory ukuran 11,5 x 8 cm yang dilengkapi dengan wadah, buku panduan cara bermain dengan kertas CTS 150 ukuran 7,5 x 11, 5 cm lebih kecil dari tempat kartu, buku materi Aku Cinta Pancasila dan Paper bag dengan ukuran kertas A3 sebagi tempat keseluruhan bahan ajar. Bahan ajar pembelajaran cerita bergambar berupa kartu validasi dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini karena presentase validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahan ajar rata-rata 91,6% , 92,3% dan 100%, analisis presentase angket respon peserta didik sebesar 86,1% dan analisis presentase respon guru sebesar 100% sehingga bahan ajar pembelajaran cerita bergambar berupa kartu dinyatakan valid dan sangat layak untuk digunakan dalam bahan ajar pembelajaran. Saran peneliti dalam kegiatan ini yaitu diharapkan guru lebih meningkatkan keterampilan dalam pengembangan bahan ajar pembelajaranDownloads
Published
2022-09-23
How to Cite
Amalia, . I. ., Artharina, F. P. ., & Kiswoyo, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Kelas I SDN Batursari 5 Mranggen Demak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2589–2595. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7005
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Indah Amalia, Filia Prima Artharina, Kiswoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).