Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Tematik di SDN Munjul 1

Authors

  • Sri Rejeki Mukti Mahandayani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Romi Ramdon Ginanjar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nelly Manik Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7001

Abstract

Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Munjul 1. Rumusan masalah adalah 1) Bagaimana mendeskripsikan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Munjul 1? 2) Masalah-masalah apa saja yang dihadapi Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Munjul 1?.Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas. Data yang dicari ini adalah kemampuan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran pada tematik. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan temuan sebagai berikut 1) kemampuan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran pada tematik sudah baik dapat dilihat dari indikator seperti variasi suara, gaya mengajar, interaksi guru dan siswa sudah mulai terjadi dengan baik, dapat dilihat dari belajar siswa serta hasil evaluasi. 2) Kendala-kendala yang dialami guru dalam mengadakan variasi pembelajaran pada tematik adalah karakter siswa yang berbeda-beda sehingga guru kesulitan dalam mengondsikan kelas.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Mahandayani, . S. R. M. ., Ginanjar, R. R., & Manik, N. . (2022). Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Tematik di SDN Munjul 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2574–2579. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7001